Kamis, 18 Oktober 2012

Bagian-bagian dan contoh-contoh dari unit masukan komputer (input device)


UNIT MASUKAN ( INPUT DEVICE )
Unit ini berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar kedalam suatu memori dan processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan. Peralatan masukan yang umum digunakan oleh sebuah PC adalah keyboard, mouse, joystick, scanner, touch pad, dan microphone. Data yang dimasukkan dalam system komputer dapat berbentuk signal input (berbentuk data yang dimasukkan kedalam system komputer) dan maintenance input (berbentuk program yang digunakan untuk mengolah data yang dimasukkan). Unit masukan atau peralatan input ini terdiri dari beberapa macam peranti yaitu :

A. KEYBOARD
Keyboard adalah alat yang berfungsi untuk memasukkan data/instruksi berupa kode-kode ke Computer melalui penekanan tombol-tombol (tuts). Ketika menekan salah satu tombol maka sinyal listrik dikirim ke komputer. Sinyal tersebut akan diterjemahkan sebagai nilai biner. Nilai inilah yang akan dikonversikan dan akan disimpan pada RAM komputer kemudian akan dimunculkan pada layar. Keyboard ada tiga jenis,yaitu:

1.       KEYBOARD QWERTY
Sesuai dengan namanya QWERTY yang merupakan deretan huruf pada barisan paling atas pada keyboard. Keyboard QWERTY merupakan pengembangan dari mesin ketik. Susunan tombol dipilih untuk mengurangi loncatan penekanan tombol yang tidak sengaja pada mesin ketik manual. Misal huruf ‘s’, ‘t’, dan ‘h’ diletakkan berjauhan meskipun sering digunakan bersama dalam kalimat bahasa Inggris. Sampai saat ini, keyboard jenis Qwerty tetap digunakan.
Berikut ini bagian-bagian dari keyboard  QWERTY :

1.         Typewriter Key
Tombol ini merupakan tombol utama dalam input, tombol ini sama dengan tuts pada mesin TIK yang terdiri atas alphabet dan tombol lainnya sebagaimana berikut :
• Back Space: Tombol ini berfungsi untuk menghapus 1 character di kiri cursor
• Caps Lock:   Bila tombol ini ditekan, maka lampu indikator caps lock akan menyala, hal ini menunjukkan bahwa huruf yang diketikakan menjadi huruf besar atau Kapital.
• Delete:          Tombol ini berfungsi untuk menghapus 1 karakter pada posisi cursor
• Esc:               Tombol ini berfungsi untuk membatalkan suatu perintah dari suatu menu.
• End:              Tombol ini berfungsi untuk memindahkan cursor ke akhir baris/halaman/lembar kerja
• Enter:                        Tombol ini berfungsi untuk berpindah kebaris baru atau untuk melakukan suatu proses perintah.
• Home:           Untuk menujuk ke awal baris atau kesudut kiri atas layar
• Insert:           Tombol ini berfungsi untuk menyisipkan character.
• Page Up:       Tombolini berfungsi untuk meggerakan cursor 1 layar ke atas
• Page Down: Tombol ini berfungsi untuk Menggerakkan 1 layar ke bawah
• Tab :              Tombol ini berfungsi untuk memindahkan cursor 1 tab ulasi ke kanan
2.     Numeric Key
Tombol ini terletak di sebelah kanan keyboard. tombol ini terdiri ata sangka dan arrow key. Jika lampu in dikator num lock menyala maka tombol ini berfungsi sebagai angka. Jika lampu indicator num lock mati maka tombol ini berfungsi sebagai arrow key.
3. Function Key
Tombol ini terletak pada baris paling atas, tombol fungsi ini terdiri dari F1 sampai dengan
F12. Fungsi tombol ini berbeda-beda tergantung dari program komputer yang digunakan.
4. Special Function Key
Tombol ini terdiri atas tombol Ctrl, Shift, dan Alt. Tombol akan mempunyai fungsi bila ditekan secara bersamaan dengan tombol lainnya. Misalnya, untuk memblok menekan bersamaan tombol shift dan arrow key, untuk menggerakan kursor menekan bersamaan ctrl dan arrow key.
Berikut ini adalah cara mengetik 10 jari:
Fungsi Tangan Kiri :
Jari Kelingking : Huruf A, Q, Z, Angka 1 dan tombol Shift, Tab, Caps Lock
Jari Manis : Huruf W,S,X dan Angka 2
Jari Tengah : Huruf E,D, C dan Angka 3
Jari Telunjuk : Huruf R, F,T, V, G, B, Y dan Angka 4,5,6
Fungsi tangan Kanan
Jari Telunjuk : Huruf Y,U,H,J,B,N,M dan Angka 6,7
Jari Tengah :Huruf I,K,tanda koma dan Angka 8
Jari Manis : Huruf L,O tanda titik dan angka 9
Jari Kelingking : Huruf  P, tanda titik koma dan tanda slash
Ibu jari / jempol : untuk menekan space bar dan alt.

2.     KEYBOARD DVORAK
Keyboard Dvorak diciptakan berdasarkan prinsip kerja biomekanis dan efisiensi. Susunan   QWERTY dibuat sedemikian rupa sehingga 56 % ketukan ada pada tangan kanan dan jari-jari yang lebih banyak bekerja adalah jari telunjuk, jari tengah, danjari manis.

3.     KEYBOARD  KLOCKENBERG
Keyboard ini dibuat dengan maksud menyempurnakan jenis keyboard yang sudah ada, yaitu dengan memisahkan kedua bagian keyboard (bagian kiri dan kanan). Bagian kiri dan kanan keyboard dipisahkan dengan sudut 15 derajat dan dibuat miring kebawah.Selain itu, keyboard KLOCKENBERG mempunyai tombol-tombol yang dibuat lebih dekat (tipis) dengan meja kerja sehingga terasa lebih nyaman.

B. MOUSE
Mouse adalah sebuah perangkat keras (hardware) yang terhubung ke computer baik melalui kabel / nirkabel. Fungsi alat ini adalah untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibandingkan keyboard. Sebagian  besar mouse terdiri dari tiga tombol, umumnya hanya dua tombol yang digunakan yaitu tombol kiri (Left click) dan tombol kanan (right click). Saa tini mouse dilengkapi pula dengan tombol penggulung (scroll), dimana letak tombol ini terletak ditengah.



                                                                       
C. TOUCH  PAD

Unit masukkan ini biasanya dapat kita temukan pada laptop dan notebook, yaitu dengan menggunakan sentuhan jari. Biasanya unit ini dapat digunakan sebagai pengganti mouse.Selain touchpad adalah model unit masukkan yang sejenis yaitu pointing stick dan trackball

 D. JOY STICK
Joystick merupakan alat masukan yang berfungsi membaca data dengan media mekanis. Joystick digunakan sebagai alat bantu dalam program permainan komputer. Alat ini pada dasarnya memiliki sebuah tongkat yang dapat digerakkan kesegala arah. Dengan menggerakkan tongkat tersebut maka akan keluar sinyal pada computer sesuai dengan gerakan tongkat tersebut. Gerakan inilah yang akan ditampilkan pada layar monitor.


E . SCANNER
Scanner adalah alat yang berfungsi memindai gambar atau teks yang kemudian disimpan kedalam memori komputer.Fungsi scanner mirip seperti mesin fotokopi. Perbedaanya adalah hasil dari mesin fotokopi dapat dilihat pada kertas, sedangkan hasi ldari scanner ditampilkan di monitor sehingga dapat melakukan perbaikan atau memodifikasi dan kemudian menyimpannya, baik dalam file teks maupun gambar. Selain scanner untuk gambar,terdapat pula scanner yang dapat memindai lembar jawaban komputer. Scanner yang biasa digunakan untuk memindai LJK pada ulanga numum dan ujia nnasional adalah scan IR. Scanner jenis ini terdiri atas lampu sensor yang disebut optik, yang dapat mengenali pensil 2B. Saat ini dikembangkan scanner dengan teknologi DMR (Digital Mark Reader), dengan system kerja mirip seperti scanner yang digunakan untuk mengoreksi lembar jawaban komputer, biodata, dan formulir. Dengan DMR lembar jawaban tidak harus dijawab dengan menggunakan pensil 2B, tetapi dapat menggunakan alat tulis lainnya seperti pulpen dan spidol, serta dapat menggunakan kertas biasa. 



F . MICROPHONE
Pengertian microphone adalah alat yang terdiri dari membran sebagai penangkap getaran bunyi, lilitan kawat tembaga dan magnet sebagai pengubah getaran menjadi arus lisrtik. Sedangkan fungsi microphone adalah menangkap gelombang suara dan mengubahnya menjadi arus listrik.

                                                           

G . LIGHT PEN
Light Pen adalah pointer elektronik yang digunakan untuk memodifiksi dan mendesain gambar langsung pada monitor. Light pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke computer yang kemudian direkam. Layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik setiap baris per detik.


H. BARCODE READER.
Fungsi alat ini adalah untuk membaca suatu kode yang berbentuk batang atau garis-garis tebal vertical kemudian diterjemahkan dalam bentuk-bentuk angka. Kode-kode seperti ini biasa menempel pada produk-produk makanan, minuman, alatelektronik, dan buku.                                                       

I.   GRAPHIC PAD
Teknologi Computer Aided Design (CAD) dapat digunakan untuk membuat rancangan bangunan, rumah, mesin mobil, dan pesawat. Untuk melakukan input data dengan program CAD ini dapat menggunakan graphic pad. Graphic pad merupakan alat input untuk menggambar objek pada monitor. Ada dua jenis gaphic pad :
§  Graphic pad yang menggunakan jarum (stylus).
Jarum ini dihubungkan dengan pad atau alas bertegangan rendah. Teganagn rendah yang dikirimkan kemudian diterjemahkan melalui koordinat X-Y.

§  Gaphic pad yang menggunakan alas sensitif sentuh.
Cara kerjanya adalah dengan meletakkan kertas gambar pada alas, kemudian ditulisi dengan pensil.


J. TOUCH SCREEN (LAYAR SENTUH)
Touch screen adalah sebuah perangkat input komputer yang bekerja dengan menggunakan sentuhan jari atau pena digital pada layar. Pengguna mengoperasikan sistem computer dengan menyentuh gambar atau tulisan pada layar.







D I S U S U N

O
 L 
H

         BERTON RANTO SIMAMORA

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar